Tips Motivasi Diri Untuk Belajar

Tips Motivasi Diri Untuk Belajar

Dalam melakukan kegiatan biasanya kita harus memiliki motivasi, agar kita dapat melakukan aktivitas belajar dengan baik dan dengan penuh semangat.Terkadang ada seseorang yang merasa capek karena hasil yang telah dilakukan tidak sesuai dengan keinginan kita. Ada banyak cara dalam meningkatkan semangat belajar kita adalah salah satunya dengan mendengar dan membaca agar, kita bisa menyakinkan semangat belajar kita. Mau tau Tips Semangat Belajar?. Yuk langsung simak aja berikut dibawah ini!

1. Membuat buku Catatan Jadwal Belajar

Tips Motivasi Diri Untuk Belajar

Tips yang pertama ini dapat dilakukan untuk meningkatkan semangat belajar kita dengan cara kita membuat buku catatan jadwal belajar yang jelas, agar kita lebih giat lagi dalam hal belajar. Buku catatan jadwal belajar ini sangat membantu karena kita dapat mengatur waktu kapan kita harus belajar, materi pembelajaran apa yang harus kita pelajari, dan beristirahat. Dengan demikian kita akan lebih focus dan konsentrasi dalam proses pembelajaran.

2. Menentukan Model Belajar

Menentukan Model Belajar

Setiap seseorang memiliki cara atau model belajarnya sendiri, dan setiap cara pembelajaran yang dilakukan pasti memiliki kelebihan dan maupun kekurangan. Tentukan apa kamu termasuk seseorang yang memiliki tipe kinestetik, auditori, atau visual?. Mau tau bagaimana kamu mengetahui tipe belajar tersebut? Caranya dengan, kalian harus menyesuaikan diri kalian dengan materi pembelajaran apa yang ingin dipelajari. Setelah selesai melakukan hal tersebut, kalian akan ketemu tipe belajar kalian itu seperti apa.

3. Waktu Istirahat

Waktu Istirahat

Tips yang ketiga ini merupakan waktu istirahat. Istirahat merupakan hal yang paling terpenting dalam proses pembelajaran, Karena kalau kita terus menerus belajar kita akan merasa bosan, stress, dan lai-lain. Ketika kita sedang beristirahat sejenak maka tubuh dan otak kita akan terasa lebih fresh, materi yang kita pelajari akan lebih mudah masuk ke dalam ingatan dan juga proses pembelajaran kita akan lebih maksimal dari sebelumnya.

4. Mengantisipasi dari Gangguan Belajar

Mengantisipasi dari Gangguan Belajar

Gangguan belajar ini seringkali terjadi pada saat kita belajar. Gangguan ini dapat menghambat atau mengganggu dalam proses pembelajaran atau penyerapan materi. Contoh gangguan belajarnya seperti waktu kita belajar, kita tergoda untuk membuka handphone, social media, game offline maupun online, melihat televisi dan kita harus menghindar dari tempat yang banyak orang atau tempat keramaian, sehingga gangguan belajar ini dapat menggangu atau menghambat waktu belajar kita dan mengurangi konsentrasi kita pada saat belajar.

5. Mencari Suasana Tempat yang Nyaman dan Tepat

Mencari Suasana Tempat yang Nyaman dan Tepat

 Mencari suasana tempat yang nyaman, juga dapat membuat kalian lebih focus lagi untuk belajar. Jika kalian ingin membuat suasana tempat kalian lebih nyaman dan tepat kalian dapat memutar musik apapun yang dapat menjadikan kalian lebih nyaman, tenang, bahkan lebih damai. Kalian juga bisa menentukan suasana tempat yang nyaman untuk diri kalian sendiri. Bahkan kalian juga bisa menyiapkan secangkir kopi, es, teh, ataupun cokelat panas, atau kalian juga bisa menyediakan makanan ringan seperti kue kering, cupcake, atau lain sebagainya, agar dapat membuat suasana belajar menjadi lebih nyaman bahkan lebih sempurna.

6. Melakukan Belajar Bersama

Melakukan Belajar Bersama

Jika kalian merasa bosan dengan belajar sendiri, kalian juga bisa belajar bersama teman-teman kalian atau biasanya sering disebut sebagai kerja kelompok. Belajar dengan teman akan menjadi penyemangat, bahkan biasanya kalau kalian kurang mengerti tentang materi pelajaran yang guru telah sampaikan, biasanya teman akan membantu menjawabnya atau mengajari kalian. Tetapi seringkali kalau belajar bersama teman itu biasanya kita tidak belajar melainkan hanya mengobrol ataupun bermain.

Jika kalian ingin belajar lebih efektif dan hasil yang lebih optimal itu diperlukan niat dan kemauan untuk berusaha. Hal yang perlu diingat dalam proses belajar kita harus memiliki sikap yang percaya diri, kegigihan, semangat, dan tidak mudah menyerah saat belajar.