Menemukan Jati Diri

Menemukan Jati Diri

Pernahkah kamu merasa kalau apa yang kamu lihat di cermin bukan merupakan sosok yang sempurna? Ya, kamu benar, kamu memang bukan merupakan sosok yang sempurna. Tapi pasti kamu tahu kalau setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, itulah yang membuat kita unik dan berbeda dibandingkan orang lain.

Tidak semua orang memiliki paras yang rupawan dan tidak semua orang juga memiliki otak yang pintar. Ada orang yang diberikan kelebihan lain dari yang lain, itu yang membuat mereka menjadi lebih spesial.

Jika kamu merasa belum menemukan kelebihan yang ada di dalam dirimu, tidak ada salahnya untuk mulai menanyakan pada diri sendiri sebenarnya apa yang ingin kamu jadikan tujuan di dalam hidup.

Misalnya, kamu selama ini selalu tertarik dengan dunia menulis, tidak ada salahnya untuk mengembangkan bakatmu itu. Jika kamu merasa kemampuanmu kurang, sebaiknya luangkan waktu untuk mulai mengembangkan kemampuanmu itu.

Selain itu, ada banyak hal yang bisa membantumu untuk mengembangkan bakat, seperti mulai untuk serius dalam hal tersebut, meminta saran orang-orang dengan hasil karyamu, dan masih banyak lainnya.

Tapi jika kamu merasa tidak tertarik dengan hal semacam itu, mungkin kamu memiliki kelebihan di bidang lainnya. Misalnya, kamu ternyata senang mengajar adik kecilmu untuk mengerjakan Prnya, ini bisa jadi tanda kamu memiliki kemampuan untuk mengajar.

Tapi bagaimana sih, cara agar bisa lebih yakin tentang kemampuan yang ada di dalam diri? Berikut ini kami memiliki beberapa tips untuk kamu yang masih bingung dengan jati diri sendiri.

Cara Untuk Menemukan Jati Diri

1.Diam dan Dengarkan Jiwamu

Menemukan Jati Diri

Ada saatnya kamu harus diam dan mulai merenungkan sebenarnya apa yang ingin kamu tuju di dalam hidup ini. Dengan cara berdiam diri, kamu bisa mendengar ke dalam jiwamu dan mengevaluasi diri sendiri.

2. Sadar Dengan Kemampuan Diri

Kamu harus tahu dan sadar dengan potensi yang ada di dirimu, percaya diri dengan hal itu juga. Ini merupakan hal yang penting, jangan melihat apa yang akan kamu lakukan beberapa tahun ke depan, tapi lihat apa yang bisa kamu lakukan saat ini.

Untuk melakukannya, mungkin kamu bisa melakukan tes kepribadian, jadi kamu bisa lebih memahami apa kekurangan dan kelebihan yang ada di dalam dirimu.

3. Mencari Kelebihan dan Kekurangan

Dua faktor ini merupakan hal yang sangat penting untuk tahu potensi di dalam diri, karena kita bisa tahu kemampuan dan batasan yang ada di dalam diri kira. Biasanya membutuhkan cukup waktu untuk bisa mengetahui dua faktor ini, tetapi itulah hal yang dapat membantu kamu dalam menemukan sebenarnya apa jati dirimu.

4. Tanyakan Pendapat Kerabat Dekat

Jika kamu kesulitan untuk menemukan jati dirimu sendiri, maka tidak ada salahnya untuk menanyakan kepada teman mengenai hal ini. Ini karena kerabat biasanya lebih mengenali diri kita, baik dari kekurangan atau kelebihan yang dimiliki. Mereka pun bisa menemukan hal yang selama ini tidak bisa kita temukan.

5. Memahami Masa Lalu

Terakhir adalah kamu harus memahami masa lalu yang pernah kamu alami. Berani untuk bisa melihat kembali ke masa lalu, ini bisa menjadi sebuah pijakan untuk lebih paham dengan diri kamu sendiri. Bisa jadi karena ada trauma yang terjadi di masa lalu membuat kamu ragu untuk bisa melangkah menemukan jati diri kamu sendiri.

Nah, itulah tips untuk menemukan jati dirimu. Kira-kira apakah kamu kini lebih berani membuka diri untuk menemukan hal baru yang belum pernah kamu lihat sebelumnya?