BERIKUT ADALAH CARA UNTUK MENGAHADAPI PHK DENGAN BIJAK

BERIKUT ADALAH CARA UNTUK MENGAHADAPI PHK DENGAN BIJAK

Berada di kondisi pandemi seperti ini, membuat beberapa perusahaan mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi pegawai. Karena perusahaan tersebut juga kurang pemasukan, sehingga tidak dapat membagi keuangan mereka untuk membayar gaji atau upah untuk para karyawannya. Sehingga pengurangan pegawai ini menjadi satu – satunya cara untuk dapat menangani hal tersebut. Benar – benar dampak yang diberikan dari virus corona ini sangat besar dan luas, menjadi satu hal yang sangat ditakuti oleh para karyawan bila sudah mendengar kata PHK. Belum lagi mereka yang memang menggantungkan hidupnya dengan hasil dari pekerjaan ini, rasanya menjadi mimpi buruk yang menjadi kenyataan bila tertimpa hal semacam ini.

Tetapi tahukah kamu bahwa terdapat cara yang bijak untuk dapat menghadapi PHK yang dilakukan oleh perusahaan. Karena tidak sedikit orang yang menghadapi pemutusan kerja tersebut dengan cara yang tidak baik, bahkan ada saja yang menjadi melukai dirinya sendiri. Terdapat beberapa kasus bunuh diri yang dilandasi dengan rasa putus asa dan terpuruk karena sudah di PHK dari perusahaan. Tentunya dengan bunuh diri itu tidak akan menyelesaikan suatu masalah, karena PHK bukanlah akhir dari segalanya. Masih ada banyak hal yang dapat kamu lakukan, merasa sedih itu adalah hal yang wajar hanya saja jangan berlarut – larut.  Agar tidak melakukan hal yang demikian, maka simak ulasan berikut ini cara untuk menghadapi PHK dengan bijak dan tepat.

1.Tetap Bersikap Tenang

BERIKUT ADALAH CARA UNTUK MENGAHADAPI PHK DENGAN BIJAK

Saat harus mendapatkan kabar PHK itu pastinya akan sangat kaget dan juga panik. Langsung memikirkan kedepannya, apa yang harus dilakukan, bisa mendapatkan penghasilan dari mana bila tidak bekerja disini dan pemikiran lainnya yang pasti akan secara reflek saat kamu sedang diputuskan kerja oleh perusahaan. Ini memang hal wajar karena itu menjadi respon alami yang kamu akan rasakan.

Tetapi  jangan sampai respon yang kamu dapatkan tersebut terlalu berlebihan. Berfikirlah bahwa PHK itu bukan akhir dari segalanya, cara yang kamu bisa lakukan sekarang adalah dengan mencari jalan keluar dari ini semua. Supaya kamu bisa berfikir dengan jernih maka yang harus kamu lakukan sekarang ada berpikir dengan tenang dan jernih, percaya pada diri sendiri kalau ini memang sudah jalan yang terbaik. Ini masuk ke dalam perjalanan hidup kamu untuk melangkah lebih tinggi lagi.

2.Memperbaiki Diri

Memperbaiki Diri

Saat kamu mendapatkan pemberitahuan bahwa kamu ini akan diberhentikan dari perusahaan, tanya dahulu apakah kesalahan yang sudah kamu lakukan hingga sampai kamu itu harus diberhentikan dari perusahaan. Ini menjadi hal penting yang harus kamu ketahui saat kamu diberhentikan dari pekerjaan, karena akan menjadi bahan evaluasi untuk diri sendiri.

Namanya juga manusia biasanya terdapat kesalahan yang memang tidak disadari, maka dari itu supaya kamu tidak melakukan kesahalan yang sama di tempat kerja selanjutnya kamu harus mengetahui kesalahan kamu. Sehingga kamu dapat memperbaiki diri menjadi lebih baik dan menjadikan hal ini sebagai batu loncatan untuk kedepannya.

3.Menyusun Strategi Jangka Panjang

Menyusun Strategi Jangka Panjang

Karena kita sebagai karyawan tidak tahu kapan terjadinya PHK, maka dari itu untuk bisa menghadapi situasi yang demikian perlu persiapan. Terdapat beberapa perusahaan asuransi yang memiliki fasilitias bila sewaktu – waktu terjadinya PHK, tetapi terdapat syarat yang memang sudah disetujui sebelumnya.

Jadi, kamu jangan terlalu khawatir bila sewaktu – waktu terkena PHK. Lalu terdapat informasi yang biasanya diberikan tentang PHK di beberapa minggu sebelumnya. Jadi kamu dapat memanfaat waktunya sebaik – baiknya, untuk melamar ke perusahaan lain.

Itulah beberapa cara bijak dalam menghadapi PHK yang tepat.